Silitonga, Suriati Lasminar (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7122141032 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 7122141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM. 7122141032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
3. NIM. 7122141032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
5. NIM. 7122141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 7122141032 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 7122141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7122141032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 7122141032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM.7122141032 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM 7122141032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kolaborasi
model pembelajaran example non example dan numbered head together (NHT)
terhadap hasil belajar kewirausahaan pada ranah kognitif siswa Kelas XI SMK
Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 7
Medan berjumlah 235 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI AP 3 yang berjumlah 40 orang
pada kelas eksperimen dan kelas XI AP 5 yang berjumlah 40 orang pada kelas
kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random
sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar
kewirausahaan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelum
tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih
dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat
kesukaran soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji
prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis
digunakan uji t pada taraf α=0,05.
Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa dengan kolaborasi model
pembelajaran example non example dan numbered head together (NHT) adalah
nilai rata-rata pre test 53,75, dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 20 serta
standar deviasi 12,22 dan post test sebesar 80,14 dengan nilai tertinggi 100 dan
nilai terendah 60 serta standar deviasi 8,58. Sedangkan hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pre test
50,97 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 10 serta standar deviasi 13,98
dan post test sebesar 75,14 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60 serta
standar deviasi 7,12. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,677 > 1,668 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis
diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan penggunaan kolaborasi model pembelajaran example non example dan
numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar kewirausahaan pada ranah
kognitif siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 070 |
Keywords: | Model Pembelajaran Non Example; Numbered Head Together; Hasil Belajar Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 07:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20425 |