PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017

Silitonga, Suriati Lasminar (2016) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7122141032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7122141032 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7122141032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7122141032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7122141032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7122141032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7122141032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7122141032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7122141032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7122141032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7122141032 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7122141032 TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7122141032 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7122141032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7122141032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7122141032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7122141032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7122141032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.7122141032 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.7122141032 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7122141032 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7122141032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kolaborasi
model pembelajaran example non example dan numbered head together (NHT)
terhadap hasil belajar kewirausahaan pada ranah kognitif siswa Kelas XI SMK
Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 7
Medan berjumlah 235 siswa yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI AP 3 yang berjumlah 40 orang
pada kelas eksperimen dan kelas XI AP 5 yang berjumlah 40 orang pada kelas
kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random
sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar
kewirausahaan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dimana sebelum
tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih
dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat
kesukaran soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji
prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis
digunakan uji t pada taraf α=0,05.
Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa dengan kolaborasi model
pembelajaran example non example dan numbered head together (NHT) adalah
nilai rata-rata pre test 53,75, dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 20 serta
standar deviasi 12,22 dan post test sebesar 80,14 dengan nilai tertinggi 100 dan
nilai terendah 60 serta standar deviasi 8,58. Sedangkan hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pre test
50,97 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 10 serta standar deviasi 13,98
dan post test sebesar 75,14 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60 serta
standar deviasi 7,12. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu
2,677 > 1,668 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis
diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan penggunaan kolaborasi model pembelajaran example non example dan
numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar kewirausahaan pada ranah
kognitif siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 ADP 070
Keywords: Model Pembelajaran Non Example; Numbered Head Together; Hasil Belajar Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Oct 2016 07:50
Last Modified: 11 Oct 2016 07:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20425

Actions (login required)

View Item
View Item