Hasibuan, Nurmaini (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASEDLEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK PAB 2 T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341080 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM 7123341080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
4. NIM 7123341080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM 7123341080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 7123341080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 7123341080 ILUSTRASION.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM 7123341080 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
8. NIM 7123341080 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 7123341080 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
13. NIM 7123341080 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
15. NIM 7123341080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalahrendanya hasil belajar siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based
Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Selain
itu untuk mengetahui apakahada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan
model pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning Tipe Jigsaw
pada mata pelajaran kewirausahaan SMK PAB 2 Swata Helvetia .
Penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 110 orang. Sampel dalam penelitian
ini yaitu X AP-1(Eksperimen 1) yang berjumlah 36 orang X AP-2 (Eksperimen II)
yang berjumlah 38 orang. Instumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan
data adalah objektif tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 17 dari 20 soal
pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 4 jawaban.
Hasilanalisa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar
56,94 dengan standar deviasi 9,72. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II
adalah sebesar 56,4 dengan standar deviasi 10,07. Pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji-t dengan dk=n1+n2-2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan
hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,064>1,668 pada taraf signifikansi 95% dan α
= 0,05. Maka hipotesis diterima.
Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwaada pengaruh yang positif dan
signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dan Cooperative Learning
Tipe Jigsaw terhadap hasil belajarpresentase siswa. Dan hasil belajar Problem Based
Learning lebih tinggi dengan presentase peningkatan hasil belajar 80,6%
dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
Cooperative Learning Tipe Jigsaw 52,6% pada m
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ADP 078 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Cooperative Learning Tipe Jigsaw; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 07:23 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20420 |