Sihombing, Debora Posma Uli R. (2016) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LAGUBOTI KABUPATEN TOBA SAMOSIR T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7121141008 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7121141008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 7121141008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
3. NIM. 7121141008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 7121141008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 7121141008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7. NIM. 7121141008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7121141008 BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
12. NIM. 7121141008 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
13. NIM. 7121141008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh status sosial ekonomi
orangtua terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1
Laguboti, (2) pengaruh Motivasi belajar terhadap pretasi belajar kewirausahaan siswa
kelas X SMK Negeri 1 Laguboti, (3) Pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan
motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran
kewirausahaan kelas X SMK Negeri 1 Laguboti Kabupaten Toba Samosir. Jenis
penelitian ini adalah ex post facto subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X
SMK Negeri 1 Laguboti yang berjumlah 66 siswa. Pengumpulan data status sosial
ekonomi orangtua dan Motivasi berlajar dilakukan dengan angket, untuk prestasi
belajar menggunakan dokumentasi. Uji coba instrument dilaksanakan pada 66 siswa
kelas X SMK Negeri 1 Siborongborong Kabupaten Tapanuli Utara.Uji validitas
dilakukan dan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui
pengaruh antara status sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi
belajar secara parsial digunakan uji t dan untuk mengetahui pengaruh secara bersamasama
terhadap prestasi belajar digunakan teknik analisis regresi linear
berganda.Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Ada pengaruh positif
dan signifikan variabel status sosial ekonomi orangtua terhadap prestasi belajar
kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti Kabupaten Toba Samosir T.P
2015/2016. Dimana > yaitu 5,829 > 1.666 dengan taraf signifikan 0,05
(2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi belajar terhadap prestasi
belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti. Dimana >
yaitu 3,319 > 1.666 dengan taraf signifikan 0,05.(3) Ada pengaruh yang positif
dan signifikan antara status sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar terhadap
prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Laguboti T.P 2015/2016.
Dimana > (23,895>3,14) dengan nilai signifikan < 0,005 (0,000 <
0,005). Maka berdasarkan criteria pengujian secara parsial dapat disimpulkan
Diterima, sehingga bisa disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan
antara variabel status sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi
belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabupaten Toba Samosir T.P
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 067 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orangtua; Motivasi belajar; Prestasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 07:08 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20369 |