Fauzan,, Rizky (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS X AP SMK YAYASAN PENDIDIKAN HARAPAN BANGSA KUALA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122141028 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 7122141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM 7122141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM 7122141028 PERPACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM 712241028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. NIM 7122141028 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM 7122141028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. NIM 7122141028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
9. NIM 7122141028 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM 7122141028 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM 712214028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah persepsi siswa tentang
gaya kepemimpinan guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP
SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.A 2015/2016. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan
guru (otokratis, laissez faire, demokratis) terhadap prestasi belajar siswa kelas X
AP SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.A 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK
Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala dengan jumlah 71 siswa dan sampel
yang diambil secara total sampling sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang telah diujikan terlebih dahulu
validitasnya. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar.
Hasil penelitian berdasarkan analisa regresi diperoleh persamaan regresi Y
= 41,953 + 0,225 X1 - 0,132 X2 + 0,551 X3. Hasil dari pengujian secara parsial
dengan teknik analisis uji t diperoleh hasil persepsi siswa tentang gaya
kepemimpinan otokratis (X1) berpengaruh posiitif dan signifikan terhadap
prestasi belajar diperoleh thitung 2,165 > ttabel 1,995 dengan signifikan 0,034 < 0,05,
persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan laissez faire (X2) berpengaruh negatif
terhadap prestasi belajar diperoleh thitung -1,817 < ttabel 1,995 dengan signifikan
0,074 > 0,05, dan persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan demokratis (X3)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar diperoleh thitung
8,756 > ttabel 1,995 dengan signifikan 0,000 > 0,05. Untuk menguji koefisien
secara keseluruhan digunakan uji F, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh
positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan guru
terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (33,680 > 3,13).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini
diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa
tentang gaya kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP
SMK Yayasan Pendidikan Harapan Bangsa Kuala T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 081 |
Keywords: | Persepsi Siswa; Gaya Kepemimpinan Guru; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 04:24 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20364 |