Lestari, Suci (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X MAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141139 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2.NIM 7123141139 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM 7123141139 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM 7123141139 PERFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 7123141139 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 7123141139 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 7123141139 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 7123141139 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 7123141139 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 7123141139 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
13. NIM 7123141139 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM 7123141139 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi ekonomi Siswa Kelas X IPS MAN Kabanjahe Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan di MAN Kabanjahe Kab. Karo pada semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 71 orang. Dalam penelitian ini digunakan metode teknik Total Sampling. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian diperoleh model regresi linear berganda Y = 40,884+ 0,138X1 + 0,404X2 + e. Hasil penelitian juga menunjukkan nilai R Square sebesar 43,00% yang berarti prestasi belajar ekonomi dapat dijelaskan melalui variabel fasilitas belajar dan lingkungan keluarga sebesar 43,00%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh signifikan antara Fasilitas Belajar terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 2,145 dan ttabel 1,667 maka thitung > ttabel (2,145 > 1,667). Selain itu juga terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung sebesar 6,133 dan ttabel 1,667, maka thitung > ttabel (6,133 > 1,667). Secara simultan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel Fasilitas Belajar ( X1), dan Lingkungan keluarga ( X2) terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) dengan nilai fhitung > ftabel (25,674 > 3,13).
Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS MAN Kabanjahe Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 086 |
Keywords: | Fasilitas Belajar; Lingkungan Keluarga; Prestasi Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 08:11 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20328 |