Sihombing, Mentari Ramayanti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA DHARMA BAKTI TANAH JAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141036 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 7123141036 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (984kB) | Preview
4. NIM 7123141036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 71231410536 PREFACE.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. NIM 7123141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
6. NIM 7123141036 TABLES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM 7123141036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7123141036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM 7123141036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 7123141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran picture and picture lebih tinggi daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas X SMA Dharma Bakti Tanah Jawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Dharma Bakti Tanah Jawa T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharma Bakti Tanah Jawa dengan populasi jumlah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Bakti Tanah Jawa sebanyak 50 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Yang masing-masing kelas berjumlah 25 orang untuk kelas eksperimen dan 25 orang untuk kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal yang sebelumnya telah diujicobakan di sekolah yang berbeda diluar sampel yang berbeda untuk melihat val;iditas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal.
Hasil uji statistic menunjukkan rata-rata hasil belajar pre test di kelas eksperimen adalah sebesar 60,4, sedangkan hasil belajar dikelas control adalah sebesar 61,2. Dan rata-rata pos test kelas eksperimen sebesar 86,6. Sedangkan nilai rata-rata pos test kelas control sebesar 73,8. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistic uji – t dengan taraf nyata α = 0.05 dan dk = n1 + n2 - 2 = 25 + 25 – 2 = 48 pada taraf signifikan 95 % maka t tabel = 1,67722. Dari perhitungan hipotesis diperoleh t hitung > t tabel, yaitu 6,208972 > 1,67722, dengan kata lain hipotesis diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran picture and picture lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional pada siswa kelas X SMA Dharma Bakti Tanah Jawa T.P 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 105 |
Keywords: | Picture and Picture; Metode Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 07:19 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20319 |