Hutasoit, Taruli (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIMED ANGKATAN 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7123141146 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. 7123141146 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
4. 7123141146 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
3. 7123141146 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. 7123141146 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. 7123141146 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 7123141146 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 7123141146 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. 7123141146 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
13. 7123141146 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. 7123141146 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah tuntutan perkembangan zaman dengan meningkatkan prestasi belajar yang didukung tingginya minat belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan angkatan 2015.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi angkatan 2015 berjumlah 160 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket.
Hasil persamaan linier berganda yaitu Y = 4,308 + 0,515X1 + 0,445X2. Pada hipotesis pertama hasil uji t menunjukkan nilai thitung=2,461 dan ttabel=1,659 maka diperoleh nilai thitung > ttabel (2,461 > 1,659) maka hipotesis 1 diterima dan hipotesis kedua hasil uji t menunjukkan nilai thitung=5,279 dan ttabel=1,659 maka diperoleh nilai thitung > ttabel (5,279 > 1,659) maka hipotesis 2 diterima. Selanjutnya untuk hipotesis ketiga uji f diperoleh fhitung > ftabel (18.084 > 3,08) maka disimpulkan hipotesis 3 diterima dan hasil koefisien determinat diperoleh R square sebesar 0,32 atau 32%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar (X1) terhadap prestasi belajar (Y) mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2015, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis (X2) terhadap prestasi belajar (Y) mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 089 |
Keywords: | Minat Belajar; Berpikir Kritis; Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 06:45 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20316 |