Purba, Abednego (2016) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA ST.MARIA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341002 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3. NIM. 7123341002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4. NIM. 7123341002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 7123341002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 7123341002 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7123341002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7123341002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7123341002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM. 7123341002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 7123341002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitianini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Profesionalisme guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Profesionalisme dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XSMA St.Maria Medan T.A.2015/2016 dengan populasi sebanyak 60 siswa dan dengan sampel sebanyak 60 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik total sampling.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variable profesionalisme guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilaithitung>ttabel (8,277 > 1,672) dan kreativitas guru(X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung>ttabel (4,914> 1,672). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa profesionalisme dan kreativitas guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilaiFhitung>Ftabel(36,357> 3,16). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,561 yang artinya Profesionalisme dan Kreativitas guru sebesar 56,1% dapat menjelaskan prestasi belajar ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan professional dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X mata pelajaran ekonomi SMA St.Maria Medan T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 088 |
Keywords: | Profesionalisme Guru; Kreativitas Guru; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 05:04 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 05:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20311 |