Sinaga, Yolanda (2016) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341127 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 7123341127 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 7123341127 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM. 7123341127 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM. 7123341127 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
6. NIM. 7123341127 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 7123341127 TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
8. NIM. 7123341127 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM. 7123341127 CHAPPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 7123341127 CHAPPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 7123341127 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan
minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS
SMA Negeri 2 Sidikalang T.A. 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sidikalang. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 143 orang dan
sampel berjumlah 57 orang dengan menggunakan teknik random sampling.
Instrument yang digunakan untuk mengukur pemanfaatan perpustakaan dan minat
baca berupa angket yang berjumlah 25 soal untuk masing-masing variabel dan studi
dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan
menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan
menggunakan Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linier
berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial uji t dan secara simultan
digunakan uji F.
Setelah uji validitas untuk variabel dan dilakukan dengan masing-masing
variabel 25 instrumen hasilnya ke semua item valid dan untuk 24 item soal
yang valid. Dan hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0.935 > 0,266 ( )
untuk pemanfaatan perpustakaan dan 0,931 > 0,266 ( ) untuk minat baca.
Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 33,539 +
0,373 + 0,266 + e. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh
pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar sebesar 4,949 (49,49%) dan ada
pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar sebesar 3,618 (36,18 %) dan untuk uji f
diperoleh sebesar 88,714 sedangkan pada taraf kesalahan 5 % sebesar
3,16 berarti > (88,714> 3,16) maka hipotesis H3 diterima atau ada
pengaruh positif antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2
Sidikalang T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 100 |
Keywords: | Perpustakaan; Minat Baca Siswa; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 04:40 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20307 |