Siregar, Husin Rizky (2016) PENGARUH METODE INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA Y.P PEMBANGUNAN GALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123341044 - COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 7123341044 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
8. NIM 7123341044 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM 7123341044 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
5. NIM 7123341044 - TABLES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM 7123341044 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
6. NIM 7123341044 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7. NIM 7123341044 - APPENDICIES.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
9. NIM 7123341044 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
13. NIM 7123341044 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM 7123341044 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat siswa dan prestasi
siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat
dan prestasi belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode pembelajaran Inkuiri
lebih tinggi daripada minat dan prestasi yang diajarkan dengan menggunakan
metode konvensional siswa kelas X SMA Swasta Y.P Pembangunan Galang T.P
2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Y.P Pembangunan Galang
jalan Petani Lingkungan VII Galang. Populasi dalam penelitian adalah sebanyak
52 siswa yang tersebar dalam 2 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini adalah purpose random sampling yaitu kelas X-A sebagai kelas
kontrol dan X-B sebagai kelas eksperimen yang masing-masing tediri dari 26
siswa. Alat pengumpulan data untuk mengukur minat belajar ekonomi
menggunakan data angket minat dan prestasi belajar menggunakan pretest dan
postest yang tediri dari 20 soal. Teknik analisis data adalah menguji hipotesis
adalah uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan prestasi belajar ekonomi
yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dan
signifikan daripada minat dan prestasi belajar ekonomi yang diajarkan dengan
metode konvensional. Dibuktikan pada minat dengan hasil analisis menggunakan
uji t pada tingkat kepercayaan 95%(α=0,05) diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu
thitung 2,558 > ttabel 2,009 maka H₀ ditolak dan Ha diterima. Rata-rata kelas
eksperimen sebesar 79,18 sedangkan pada kelas 70,34. Pada prestasi belajar
diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu thitung 2,443 > ttabel 2,009 maka H₀ ditolak dan Ha
diterima. Rata-rata kelas ekperimen sebesar 85,38 sedangkan pada kelas kontrol
memiliki 72,92.
Disimpulkan bahwa minat dan prestasi belajar ekonomi yang diajarkan
dengan metode pembelajaran Inkuiri lebih tinggi secara signifikan dibandingkan
minat dan prestasi yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 EKO 108 |
Keywords: | Metode Pembelajaran Inkuiri; MinatBelajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20302 |