Saifun (2016) PENGARUH BIMTEK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN INOVASI PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU SMK DI KABUPATEN BIREUEN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146132057 COVER.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
2. NIM. 8146132057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 8146132057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
4. NIM. 8146132057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM. 8146132057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
6. NIM. 8146132057 TABLES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. NIM. 8146132057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
8. NIM. 8146132057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM. 8146132057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
13. NIM. 8146132057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM. 8146132057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui kelompok guru yang mendapat bimtek teknologi informasi prezi aplication memperoleh hasil bimtek lebih tinggi dibandingkan kelompok guru yang mendapat bimtek teknologi informasi whiteboard animation, (2) untuk mengetahui hasil bimtek teknologi informasi terhadap guru yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi dari pada guru yang memiliki kreativitas rendah, (3) untuk mengetahui adanya interaksi antara bimtek teknologi informasi prezi aplication dengan whiteboard animation. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berasal dari 5 SMK di kabupaten Bireuen sebanyak 273 orang tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik puposive sampling, berjumlah 60 orang guru yang terdiri dari 30 orang guru untuk kelompok bimtek teknologi informasi prezi aplication dan 30 orang untuk whiteboard animation. Instrumen penelitian ini untuk mengukur hasil bimtek menggunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban berjumlah 30 soal. Untuk data kreativitas guru sepenuhnya dilakukan oleh psikolog. Teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Dan dilanjutkan dengan uji non parametrik karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian adalah: (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan inovasi pembuatan media pembelajaran yang signifikan antara bimtek teknologi informasi prezi aplication dan whiteboard animation yaitu µ = 450 (2) tidak terdapat perbedaan antara bimtek teknologi informasi dengan kreativitas tinggi dengan kreativitas rendah yaitu µ = 418 (3) terdapat interaksi antara bimtek teknologi informasi dan kreativitas terhadap hasil bimtek teknologi informasi dengan nilai rata rata PA dan WA = 450 , KT dan KR = 418 , WAKT dan WAKR = 80,5 , PAKT dan PAKR = 112. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimtek teknologi informasi prezi aplication dan whiteboard animation sangat tepat diterapkan pada guru yang memiliki kreativitas tinggi dan untuk guru yang memiliki kreativitas rendah, karena kedua – duanya memiliki keunggulan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Sai p |
Keywords: | Media pembalajaran; Prezi application; Whiteboard animation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Oct 2016 02:59 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20289 |