Roynisfan (2016) PENGEMBANGAN MODEL KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM_8146132056_COVER TESIS.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
2. NIM_ 8146132056_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3. NIM_8146132056_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
4. NIM_8146132056_PREFACE.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
5. NIM_8146132056_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
6. NIM_8146132056_TABLES.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
7. NIM_8146132056_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
8. NIM_8146132056_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
9. NIM_8146132056_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
13. NIM_8146132056_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM_8146132056_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk dalam bidang manajemen pendidikan berupa model kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang dapat meningkatkan kinerja sekolah. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Aceh Selatan pada 3 sekolah menengah SMA dan SMK. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan level 1, yaitu melakukan penelitian dan menghasilkan model yang divalidasi secara internal. Untuk mendapatkan model, digunakan 3 tahapan penelitian yaitu: tahap 1 studi pendahuluan, tahap 2 pengembangan model, tahap 3 validasi model. Sumber data penelitian dipilih secara purposive dan snowball sampling. Data diperoleh dengan menggunakan 3 teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dinamakan model kepemimpinan transformasional kepala sekolah. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model (Bass dan Avolio 1994) yang telah banyak digunakan pada organisasi profit, dengan mendesain ulang komponen yang dianggap berpengaruh terhadap pencapain kinerja dan dapat diterapkan disekolah. Model telah divalidasi melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu FGD dengan kepala sekolah sebagai paraktisi dan FGD bersama Guru Besar dan Doktor sebagai pakar. Model ini memuat 4 dimensi kepemimpinan transformasional, yaitu pengaruh ideal, motivasi yang menginspirasi, rangsangan intelektual dan perhatian secara individual. Model hasil pengembangan ini dibuat dalam satu rangkaian sistem yang didalamnya terdiri dari: input, proses, output, outcome, dan impact. Untuk mempermudah dalam penerapannya model ini dilengkapi dengan panduan, sehingga kepala sekolah akan lebih mudah mempelajari dan menerapkannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.207 Roy p |
Keywords: | Kepemimpinan transformasional; Kepemimpinan kepala sekolah; Kinerja sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 03:00 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20262 |