Rajagukguk, Esron (2016) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146132039 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 8146132039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3. NIM. 8146132039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8146132039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 8146132039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8146132039 TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM. 8146132039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM. 8146132039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
9. NIM. 8146132039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8146132039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 8146132039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri 1 Raya Kabupaten Simalungun. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah melalui penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negei 1 Raya. Subjek penelitian adalah guru rumpun IPS di SMA Negeri 1 Raya sebanyak lima orang guru. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah mengacu kepada model penelitian Kemmis, dirancang dengan proses siklus sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun RPP pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 84,00 % dengan kategori Baik, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,09 % dengan kategori Amat Baik. Berdasarkan data hasil penelitian, kesimpulan penelitian adalah bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru rumpun IPS menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negri 1 Raya Kabupaten Simalungun. Oleh karena itu diharapkan pengawas sekolah agar menerapkan supervisi klinis dalam meningkatkan profesionalisme guru khususnya dalam menyusun RPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Raj i |
Keywords: | Kemampuan menyusun RPP; Supervisi klinis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 02:37 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20261 |