Simanullang, Radot Marojahan (2016) PERAN GURU PKn DALAM MEMBANGUN SIKAP DAN KARAKTER SISWA BERTOLERANSI KELAS VII SMP KARYA SERDANG LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 3123111064 Cover.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2 NIM. 3123111064 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3 NIM. 3123111064 Abtract.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4 NIM. 3123111064 Preface.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5 NIM. 3123111064 Table of contents.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6 NIM. 3123111064 Chapter I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
10 NIM. 3123111064 Chapter V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
11 NIM. 3123111064 Bibliography.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PKn dalam membangun karakter siswa bertoleransi di kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu dengan menggambarkan objek penelitian atau keadaan dilapangan yang digunakan untuk memecahkan masalah dan menjawab permasalahan yang dihadapi pada masa sekarang. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 111 siswa dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 22 orang dengan mengambil 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan cara observasi, penyebaran angket dan wawancara. Adapun tehnik analisis data yang digunakan dalam mengolah data adalah dengan merumuskan ke dalam tabel frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PKn dalam membangun sikap dan karakter siswa bertoleransi kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam sudah berperan dengan baik dibuktikan dengan upaya guru PKn melalui pengajaran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun sikap dan karakter siswa bertoleransi. Dari hasil perhitungan tabel frekuensi dapat diketahui bahwa peran guru PKn dalam membangun sikap dan karakter siswa yang bertoleransi diketahui baik dengan persentase 65.22%. Usaha yang dilakukan guru PKn dalam membangun sikap dan karakter siswa bertoleransi ialah pembelajaran, guru memberikan pemahaman tentang sikap dan karakter siswa bertoleransi, serta mempraktekkan seperti apa sikap dan karakter bertoleransi dalam aktivitas belajar mengajar di kelas. Dengan memberikan contoh sikap dan karakter yang dapat ditiru siswa maka dapat mengarahkan siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKN 086 |
Keywords: | Peran Guru; Sikap dan Karakter; Toleransi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 04:53 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20235 |