Nasution, Andi (2016) PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KIMIA DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI DI SMA NEGERI KOTA TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146132032 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 8146132032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
3. NIM. 8146132032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8146132032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 8146132032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 8146132032 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 8146132032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 8146132032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8146132032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
13. NIM. 8146132032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 8146132032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru kimia dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Kimia Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Inquiri Di SMA Negeri Kota Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah guru kimia di SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 4 Kota Tebing Tinggi sebanyak tujuh orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitin tindakan sekolah mengacu kepada model penelitian Kemmis, dirancang dengan proses siklus sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat fase kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diperoleh bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru kimia dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA Negeri Kota Tebing Tinggi, dengan hasil sebagai berikut: siklus I rata-rata kemampuan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mencapai nilai sebesar 77,78% dengan kategori Cukup dan siklus II mencapai nilai sebesar 87,94% dengan kategori Baik. Sedangkan untuk penerapan model pembelajaran inquiri pada siklus I mencapai nilai sebesar 74,01% dengan kategori Cukup dan siklus II mencapai nilai sebesar 89,09% dengan kategori Baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru kimia dalam menggunakan model pembelajaran berbasis inquiri di SMA Negeri Kota Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Nas p |
Keywords: | Kemampuan menyusun RPP; Model pembelajaran inquiri; Supervisi klinis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 04:31 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20232 |