Sukamto, Heri (2016) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT PENNELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP DI SMA KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM ACEH. Masters thesis, UNIMED.
1. Heri Sukamto NIM 8146132042 Cover.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. Heri Sukamto NIM 8146132042 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
3. Heri Sukamto NIM 8146132042 Abstrak.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. Heri Sukamto NIM 8146132042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. Heri Sukamto NIM 8146132042 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
6. Heri Sukamto NIM 8146132042 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. Heri Sukamto NIM 8146132042 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8. Heri Sukamto NIM 8146132042 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
9. Heri Sukamto NIM 8146132042 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. Heri Sukamto NIM 8146132042 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. Heri Sukamto NIM 8146132042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas melalui Supervisi Akademik Teknik Workshop di SMA Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam Aceh. Subjek penelitian ini adalah guru–guru pada SMA di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam Aceh yang berjumlah 10 orang guru dengan kriteria guru mata pelajaran bahasa Inggris. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kompetensi guru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas adalah pedoman wawancara dan daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 25. Sedangkan untuk mengamati kegiatan workshop pembuatan Penelitian Tindakan Kelas digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kompetensi guru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas setelah dilakukan supervisi akademik teknik workshop pada siklus I tergolong dalam kategori rendah dengan nilai 69,2 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 88,4 . Penilaian aktivitas peserta dalam melaksanakan workshop pada siklus I adalah sangat baik dengan nilai 91, dan pada siklus II tergolog dalam kategori sangat baik dengan nilai 95,2. Penilaian kegiatan workshop pada siklus I adalah sangat baik dengan nilai 92,3, dan pada siklus II juga tergolong dalam kategori sangat baik dengan nilai 98,2. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kompetensi guru dalam membuat Penelitian Tindakan Kelas di SMA Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam Aceh. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu pelaksanaan supervisi akademik teknik workshop dalam upaya membantu guru membuat Penelitian Tindakan Kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Suk u |
Keywords: | Kompetensi guru; Supervisi akademik; Teknik workshop |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 03:47 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20217 |