Caniago, Muhammad Ikhwan (2016) PENERAPAN COACHING DALAM KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENYUSUN TES PILIHAN BERGANDA DAN MENGANALISIS BUTIR SOAL MENGGUNAKAN ANBUSO VERSI 6.1 PADA SMA NEGERI 4 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
3. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
9. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 BAB I.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
13. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 BAB V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
14. MUHAMMAD IKHWAN CANIAGO NIM. 8146132047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian tindakan sekolah ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun tes pilihan berganda dan menganalisis butir soal menggunakan aplikasi Anbuso versi 6.1. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Binjai selama 1 bulan dimulai dari awal bulan Mei hingga akhir bulan Mei 2016. Yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Binjai. Tindakan pada penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan menerapkan coaching dalam kegiatan supervisi akademik. Hasil dari siklus pertama menunjukkan 64% soal responden 1, 60% soal responden 2, 64% soal responden 3, 60% soal responden 4, 68% soal soal responden 5, 60% soal responden 6, 64% soal responden 7, 64% soal responden 8 dapat diterima. Dalam kemampuan menyusun soal pilihan berganda responden 1 memperoleh skor 62,33, responden 2 memperoleh skor 65,67, responden 3 memperoleh skor 68, responden 4 memperoleh skor 64,33, responden 5 memperoleh skor 67, responden 6 memperoleh skor 64,67, responden 7 memperoleh skor 67,33, responden 8 memperoleh skor 67. Kemampuan guru menggunkan Anbuso veri 6.1 responden 1 memperoleh skor 75, responden 2 memperoleh skor 50, responden 3 memperoleh skor 66,67, responden 4 memperoleh skor 58,33, responden 5 memperoleh skor 50, responden 6 memperoleh skor 75, responden 7 memperoleh skor 75, responden 8 memperoleh skor 66,67. Hasil siklus kedua menunjukkan menunjukkan 84% soal responden 1, 80% soal responden 2, 88% soal responden 3, 84% soal responden 4, 84% soal soal responden 5, 88% soal responden 6, 88% soal responden 7, 84% soal responden 8 dapat diterima. Dalam kemampuan menyusun soal pilihan berganda responden 1 memperoleh skor 87,33, responden 2 memperoleh skor 84,67, responden 3 memperoleh skor 82,33, responden 4 memperoleh skor 81,67, responden 5 memperoleh skor 82,33, responden 6 memperoleh skor 80, responden 7 memperoleh skor 82,33, responden 8 memperoleh skor 82,33. Kemampuan guru menggunkan Anbuso veri 6.1 responden 1 memperoleh skor 83,33, responden 2 memperoleh skor 91,67, responden 3 memperoleh skor 83,33, responden 4 memperoleh skor 91,67, responden 5 memperoleh skor 83,33, responden 6 memperoleh skor 83,33, responden 7 memperoleh skor 91,67, responden 8 memperoleh skor 83,33. Hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan yaitu > 80% soal yang disusun dapat diterima, guru memperoleh skor dalam menyusun dan menganalisis butir soal menggunakan Anbuso versi 6.1 > 80. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan coaching dalam kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru menyusun tes pilihan berganda dan menganalisis butir soal menggunakan Anbuso versi 6.1. Implikasinya adalah pengawas sekolah dapat menggunakan teknik ini untuk melatih guru untuk menyusun tes pilihan berganda. Serta disarankan agar para guru dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menyusun tes pilihan berganda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Can p |
Keywords: | Kemampuan guru; Pilihan berganda; Supervisi akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 03:36 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20216 |