Matondang, Ade Rahman (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa yang disebabkan perangkat pembelajaran tidak mendukung kemampuan tersebut. Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid dan efektif, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis pendekatan penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dari Tiagarajan, dkk. Uji coba I di kelas VIII-6 dan uji coba II di kelas VIII-8 SMP Negeri 15 Medan.
Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan yaitu RPP, Buku Petunjuk Guru (BPG), Buku Siswa (BS), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Setiap perangkat memenuhi aspek validitas dan reliabilitas. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Validitas Perangkat pembelajaran valid yaitu validitas RPP = 4,58, BPG = 4,63, BS = 4,66, dan LKS = 4,63 dan efektivitas perangkat pembelajaran efektif dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (2) persentase peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada uji coba I adalah 12,5% dan pada uji coba II 20,6 %; serta rata-rata peningkatan disposisi matematis siswa pada uji coba I adalah 0,49 poin dan pada uji coba II adalah 0,54 poin.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mat p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Pendekatan penemuan terbimbing; Kemampuan berpikir kritis; Disposisi matematis siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 03:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20195 |