Hasibuan, Erma Afrina (2016) HUBUNGAN ANTARA KESULITAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 3122131003 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
02. NIM. 3122131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
04. NIM. 3122131003 LEMBAR KEASLIAN TULISAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
05. NIM. 3122131003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
03. NIM. 3122131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
06. NIM. 3122131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
07. NIM. 3122131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
08. NIM 3122131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09. NIM. 3122131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
10. NIM. 3122131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
15. NIM. 3122131003 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
16. NIM. 3122131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan, Jalan Pelajar No 17 Kelurahan Teladan Timur, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Populasi yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI IPS yang mengalami kesulitan belajar dari kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 sebanyak 73 siswa. Teknik yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung dan observasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan yang dinilai melalui 3 indikator termasuk ke dalam kategori tinggi sebesar 58,90% (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS termasuk dalam kategori rendah sebesar 57,53% (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesulitan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Medan ditunjukkan dengan perolehan nilai r = 0,662 yang termasuk ke dalam kategori tinggi sebesar 43,82% yang berarti bahwa sumbangan kesulitan belajar geografi sebesar 43,82% terhadap hasil belajar pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 078 |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar;Siswa |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 03:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20184 |