PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN JAHIT DAN SULAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG MORAWA

Susilawaty, Sri (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN JAHIT DAN SULAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8136122052 JUDUL.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8136122052 JUDUL.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8136122052 LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8136122052 LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8136122052 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8136122052 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8136122052 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8136122052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8136122052 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8136122052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8136122052 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8136122052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8136122052 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8136122052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8136122052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8136122052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8136122052 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8136122052 BAB I.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8136122052 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8136122052 BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8136122052 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8136122052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar Keterampilan jahit dan sulam yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. (2) hasil belajar Keterampilan jahit dan sulam siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah. (3) mengetahui interaksi penggunaan strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Keterampilan jahit dan sulam. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Tanjung Morawa pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ada lah seluruh siswa kelas VIII SMP dengan jumlah siswa seluruhnya 286 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 72 orang yang terdiri dari 36 orang kelas VIII-3 diajarkan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan 36 orang kelas VIII-4 diajarkan strategi pembelajaran ekspositori. Tes Kemampuan berpikir kreatif dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi dan kemampuan berpikir kreatif rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan Anava dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menunjukan : (1) Data hasil belajar Keterampilan siswa yang di ajar dengan strategi pembelajaran jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan denga strategi ekspositori Fhitung = 8,11 > Ftabel = 3,98; (2) hasil belajar Keterampilan siswa dengan Kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dari pada siswa dengan Kemampuan berpikir kreatif rendah Fhitung = 5,43 > Ftabel = 43,98; dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar Keterampilan dengan Fhitung = 4,31 > Ftabel = 3,98. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran jigsaw lebih baik diajarkan kepada siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi dan strategi pembelajaran ekspositori lebih baik digunakan kepada siswa siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif rendah dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif. Implikasi dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran jigsaw lebih tinggi hasil belajarnya dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan strategi ekspositori. Siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi mendapat hasil belajar yang lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran jigsaw. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah mendapat hasil belajar yang lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.54 Sus p
Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Berpikir kreatif; Pembelajaran jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:07
Last Modified: 29 Sep 2016 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20170

Actions (login required)

View Item
View Item