PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG

Santri, Indah Putri (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146121021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146121021 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 8146121021. VERIFICATION SHEET.Doc6.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 8146121021. VERIFICATION SHEET.Doc6.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146121021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146121021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146121021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146121021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146121021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146121021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146121021 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146121021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146121021 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146121021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146121021 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146121021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146121021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146121021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146121021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146121021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146121021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146121021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil belajar konstruksi bangunan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Untuk mengetahui hasil belajar konstruksi bangunan antara siswayang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis rendah (3) untuk Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kemampuan bepikirlogis terhadap hasil belajar konstruksi bangunan.
Populasi penelitian ini adalah siswa X SMK Negeri I Percut Sei Tuan dan SMK Negeri I Lubuk Pakam Kab. Kabupaten Deli Serdang yang tersebar dalam 6 kelas dan kelas X jurusan Teknik Bangunan X SMK Negeri I Percut Sei Tuan, dan SMK Negeri I Lubuk yang tersebar dalam 4 kelas.40 siswa Kelas X-A dan X-B Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan 40 siswa Kelas X-A dan X-B Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang dibelajarkandenganmenggunakanmodelpembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen penelitian ini untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban dengan jumlah soal sebanyak 36 soal dengan koefisien reliabilitas 0,94 sedangkan untuk menjaring data Kemampuan Berpikir Logis yang dilakukan oleh psikolog, yang menentukan siswa mana yang memiliki Kemampuan Berpikir Logis tinggi dan rendah. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Tukey.
Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD = 23,6 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT = 20,87 dengan Fhitung = 8,03> Ftabel = 3,97 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir logis tinggi = 24,15 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kemampauan berpikir logis rendah = 23,87 dengan Fhitung = 15,82> Ftabel = 3,97 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kempuan berpikir logis dalam mempengaruhi hasil belajar konstruksi bangunan dengan Fhitung = 5,03> Ftabel = 3,97. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis tinggi adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir logis rendah, model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru konstruksi bangunan yaitu dalam penerapan model pembelajaran yang memperhatikan karakteristik siswa khususnya kemampuan berpikir logis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 San p
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Kontruksi bangunan; Berpikir logis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:40
Last Modified: 29 Sep 2016 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20163

Actions (login required)

View Item
View Item