Akmal, Muhammad Yulfikar (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BIDANG STUDI PKN KELAS XII SMA AR-RAHMAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146122029 COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 8146122029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3. NIM. 8146122029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4. NIM. 8146122029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM. 8146122029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 8146122029 TABLES.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7. NIM. 8146122029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8146122029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 8146122029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13. NIM. 8146122029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 8146122029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis CTL dengan macromedia flash CS 6 layak digunakan pada mata pelajaran PKn. (2) mengetahui media pembelajaran interaktif berbasis CTL dengan macromedia flash CS 6 efektif digunakan pada mata pelajaran PKn. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg & Gall yang dipadu dengan pengembangan pembelajaran model Dick & Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir.Subyek uji coba terdiri dari dua ahli materi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji kelompok kecil, dan tiga puluh empat siswa untuk uji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media interaktif menunjukan validasi ahli menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata 89,07% dikategorikan “Sangat Baik” dan uji kelayakan menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata 87,07 % dikategorikan “Sangat Baik”. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 85,15 lebih tinggi dari konvensional sebesar 76,91.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Akm p |
Keywords: | Media pembelajaran; Macromedia flash; Contextual teaching and learning; Hasil belajar Pkn |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 07:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20161 |