Karina, Fitri (2016) KAJIAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU GEOGRAFI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN MEDAN KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123131019_COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 3123131019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. NIM. 3123131019_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
3. NIM. 3123131019_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 3123131019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 3123131019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 3123131019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3123131019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 3123131019_BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
14. NIM. 3123131019_BAB VI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
15. NIM. 3123131019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Profesional Guru
Geografi di SMA Negeri Se-kecamatan Medan Kota.
Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Medan kota pada tahun
akademik 2016, populasi berjumlah 9 orang guru geografi di seluruh SMA Negeri
Se-Kecamatan Medan Kota yag sekaligus dijadikan sampel. Adapun Teknik dan
Alat Pengumpulan Data yang digunakan untuk mengukur kompetensi profesional
adalah angket, wawancara, dan studi dokumenter. Teknik analisis yang digunakan
yaitu Deskriptif Kualitatif dengan menganalisis data penelitian yang ditemukan
dilapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru
geografi berdasarkan aspek menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir
keilmuan yang mendukung mata pelajaran geografi memiliki nilai Baik yaitu
85,56, aspek menguasai standar kompetensi, kompetensi dasar,dan kompetensi
inti mata pelajaran/bidang pengembangan geografi memiliki nilai Baik yaitu
88,89, aspek mengembangkan materi pelajaran geografi memiliki nilai Sangat
Baik yaitu 91,67, aspek mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan dengan
melakukan tindakan refleksi memiliki nilai Cukup Baik yaitu 76,98, serta aspek
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk berkomunikasi
dan mengembangkan diri memiliki nilai Kurang Baik yaitu 56,94.
Dengan demikian, hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa
Kompetensi Profesional Guru Geografi di SMA Negeri Se-Kecamatan Medan
Kota dapat dikategorikan Baik dengan rata-rata nilai akhir yakni 80,01
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 090 |
Keywords: | Guru; Kompetensi; Profesional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 07:06 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20160 |