Mutia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH-AKHLAK SISWA KELAS IX MTSN KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8146121028.COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM. 8146121028.LEMBAR PENGESAHAN.Doc6.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM.8146121028.ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 8146121028.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
5.NIM. 8146121028.DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6.NIM.8146121028. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7.NIM. 8146121028.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8.NIM. 8146121028.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
9. NIM.8146121028.BAB I.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13.NIM.8146121028. BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14.NIM. 8146121028. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Akidah-Akhlak siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe role playing dan hasil belajar Akidah-Akhlak siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe example non example, (2) hasil belajar Akidah-Akhlak siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan hasil belajar Akidah-Akhlak siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3) interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar Akidah-Akhlak. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX MTsN Kuta Binjai dan siswa kelas IX MTsN Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur. Populasi penelitian adalah (131 orang siswa) dan sampelnya(72 orang siswa) yaitu kelas IX-1 dan kelas IX-2 MTsN Kuta Binjai yang dibelajarkan dengan model pembelajaran role playing, kelas IX-7 dan kelas IX-8 yang dibelajarkan dengan model pembelajaran example non example. Tekinik pengambilan sampel digunakan Cluster Random Sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunaakan Anava dua jalur desain factorial 2x2 (Two Way Anava 2x2) dengan taraf siginifikansi α= 0.005, yang sebelumnya dilakukan dulu uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett dan uji Fisher. uji lanjut dengan uji Tukey. Hasil penelitian adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe role playing = 21,66 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran koopeartif tipe example non example = 19,00 dengan Fhitung = 4,13 > Ftabel = 3,98 (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan kreativitas tinggi = 21,50 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan kreativitas rendah = 18,33 dengan Fhitung = 7,67 > Ftabel = 3,98 (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar Akidah-Akhlak dengan Fhitung = 5,87 > Ftabel = 3,98. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat digunakan pada siswa yang memiliki kreativitas tinggi adalah model pembelajaran kooperatif tipe role playing sedangkan siswa dengan kreativitas rendah, model pembelajaran yang tepat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe example non example. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Akidah-Akhlak yaitu dalam penerapan model pembelajaran kooperatif yang memperhatikan karakteristik siswa khususnya kreativitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.84 Mut p |
Keywords: | Hasil belajar; Akidah-akhlak; Model pembelajaran; Hakikat kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 02:46 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20135 |