Sidauruk, Harry T (2016) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA SANTO PETRUS SIDIKALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 309131029 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
02. NIM 309131029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
04. NIM 309131029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
03. NIM 309131029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
05. NIM 309131029 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
06. NIM 309131029 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM 309131029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
08. NIM 309131029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
10. NIM 309131029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
15. NIM 309131029 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
09. NIM 309131029 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:(1) Mengetahui kondisi sarana dan prasarana di SMA Santo Petrus Sidikalang,(2) Mengetahui pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pembelajaran di SMA Santo Petrus Sidikalang.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Santo Petrus Sidikalang tahun 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Santo Petrus Sidikalang yang terdiri dari dua kelas, Sampel ditetapkan 50% dari jumlah siswa dengan mengambil sebanyak 35 orang dari 2 kelas siswa yang berjumlah 69 orang. Untuk melengkapi data, peneliti juga mewawancarai Kepala Sekolah dan guru sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik komunikasi langsung, kemudian dalam menganalisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi sarana (perabot, media pendidikan, dan perlengkapan lain) dan prasarana (ruangan) di SMA Santo Petrus Sidikalang masih banyak perlengkapan yang harus dipenuhi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam ,menunjang proses pembelajaran dan demi tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.(2) Pelaksanaan Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Santo Petrus Sidikalang menerapkan fungsi manajemen: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, demi untuk terlaksananya fungsi manajemen sarana dan prasarana di sekolah secara efektif dan efesien. Manajemen Sarana dan Prasarana di SMA Santo Petrus Sidikalang meliputi proses, perencanaan, pengadaan, inventaris, penggunaan dan pemeliharaan, pendistribusian, penghapusan. Adapun manajemen sarana dan prasarana di SMA Santo Petrus Sidikalang sudah berjalan dengan baik meskipun ada sedikit hambatan, terkhusus pada mata pelajaran geografi yang masih kurang sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 072 |
Keywords: | Manajemen; Perencanaan; Pengawasan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 07:21 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20118 |