Sovia,, Nikita (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MAKROMEDIA FLASH DAN MEDIA POWERPOINT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI LAPISAN HIDROSFER DI KELAS X IPS MAN 2 MODEL MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. Nim 3122131007 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
02.Nim 3122131007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
04. Nim 3122131007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
03 Nim 3122131007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
05. Nim 3122131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
06. Nim 3122131007 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
07. Nim 3122131007 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
08. Nim 3122131007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
09. Nim 3122131007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
14. Nim 3122131007 CHAPTER VI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. Nim 3122131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS MAN 2 Model Medan. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 2 sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data yakni teknik komunikasi tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 71,6 dan pos tes 87,03 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 70 dan postes 80,6, dengan data kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Adanya perbedaan hasil belajar dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample Test dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana harga sig.< 0,05 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara statistik dimana kelas Makromedia flash lebih tinggi hasil belajarnya daripada kelas yang menggunakan media Powerpoint pada materi pokok Lapisan Hidrosfer. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 59,99%, dan kelas kontrol sebesar 36,66 % . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara statistik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 GEO 126 |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran Kooperatif; Media |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 07:01 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 07:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20115 |