Hutagalung, Ruminda (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL GUIDED DISCOVERY BERBASIS BUDAYA BATAK TOBA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMPN 2 TARUTUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146172061 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2. NIM. 8146172061 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
3. NIM. 8146172061 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4. NIM 8146172061 PREFACE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. NIM. 8146172061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
6. NIM. 8146172061 TABLES.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
7. NIM. 8146172061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8. NIM. 8146172061 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (641kB) | Preview
12. NIM. 8146172061 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13. NIM. 8146172061 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran guided discovery berbasis budaya Batak Toba, peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrument penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, RPP, Buku Guru, Buku Siswa, Tes Pemahaman Konsep dan Angket Disposisi. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-C dan uji coba II di kelas VII-B SMP Negeri 2 Tarutung. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,31, Buku Siswa = 4,30, Buku Guru = 4,21, LAS = 4,36, keenam tes kemapuan pemahaman konsep valid dengan reliabelitas 0,814 dan angket disposisi juga valid dengan reliabelitas 0,912; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis diihat dari hasil keteraksanaan pembelajaran dan wawancara; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (4) adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang pada uji coba I sebesar 75,13 meningkat menjadi 82,87 pada uji coba II; dan (5) adanya peningkatan disposisi matematis siswa dari uji coba I ke uji coba II; (6) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Hut p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Model pembelajaran guided discovery; Budaya batak toba; Kemampuan pemahaman konsep; Disposisi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 07:28 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20083 |