Mahmud S., Ronald (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN KONTEKSTUAL PADA MATERI GEOMETRI BIDANG DATAR KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 2 BINJAI. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan, Persetujuan dan pernyataan.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang diajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan yang diajarkan dengan pembelajaran Konvensional, (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan yang diajarkan dengan pembelajaran kontekstual dan yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Binjai. Kemudian secara acak dipilih tiga kelas dari semua kelas X SMA Negeri 2 binjai yaitu kelas XA, kelas XB, dan kelas XC dimana kelas XA sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol serta kelas XC sebagai kelas uji coba instrumen. Kelas uji coba digunakan untuk menyempurnakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan pembelajaran kontekstual. Instrumen penelitian ini menggunakan tes berpikir kreatif dan berpikir kritis matematis. Instrumen tersebut telah di uji oleh validator dan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dari hasil perhitungan uji F, dihasilkan bahwa = 102,477 dan = 4,006873 dengan taraf signifikan sebesar 5% Jika ≥ maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) Dari hasil perhitungan uji F, dihasilkan bahwa = 7,557737 dan = 4,006873 dengan taraf signifikan sebesar 5% Jika ≥ maka H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, (3) Keaktifan siswa dalam pembelajaran kontekstual dan konvensional memenuhi batas toleransi, (4) Rata – rata persentase keseluruhan komponen respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual dan konvensional lebih besar atau sama dengan 80%, maka disimpulkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran kontekstual dan konvensional adalah positif (5) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual memiliki kriteria baik. Hal ini ditunjukkan dengan jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan berpikir kreatif dan berpikir kritis siswa lebih baik pada kelas pembelajaran kontekstual dibandingkan dengan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 516.071 2 Mah p |
Keywords: | Pembelajaran kontekstual; Kemampuan berpikir kreatif; Kemampuan berpikir kritis siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 07:21 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20082 |