Satriawati (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ICT DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI PADA TOPIK BIOTEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN RETENSI MEMORI SISWA MAN 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146174038 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 8146174038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM 8146174038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM 8146174038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM 8146174038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM 8146174038 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 8146174038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8146174038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 8146174038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
13. NIM 8146174038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 8146174038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ICT dalam pembelajaran inkuiri tentang bioteknologi terhadap: (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi; dan (2) Retensi memori siswa kelas XII IPA MAN 3 Medan. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling yaitu kelas XII IPA1 perlakuan pengajaran menggunakan media video pembelajaran, kelas XII IPA2 perlakuan pengajaran menggunakan media animasi dan kelas XII IPA3 dengan perlakuan charta (kontrol). Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan retensi hasil belajar siswa dengan pilihan ganda dan tertulis. Teknik analisis yang digunakan adalah Analysis Covarians (Anacova) dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian dan pengujian menunjukkan bahwa terdapat: (1) Pengaruh yang signifikan (F=11,272; P=0,000) dengan penggunaan media video pembelajaran, animasi, dan charta dalam pembelajaran inkuiri pada topik Bioteknologi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dibelajarkan dengan video pembelajaran (75,82±7,847) berbeda secara signifikan dengan animasi (70,74±7,549) (P=0,010) dan berbeda secara signifikan yang dibelajarkan dengan charta (65,38±7,162) (P=0,000); dan (2) Pengaruh yang sangat signifikan (F=18,344 ; P=0,000) dengan penggunaan media video pembelajaran, animasi, dan charta dalam pembelajaran inkuiri pada topik Bioteknologi terhadap retensi memori siswa. Retensi memori siswa yang dibelajarkan dengan video pembelajaran (77,05±8,864) berbeda secara signifikan dengan animasi (72,00±6,917) (P=0,010) dan berbeda secara signifikan yang dibelajarkan dengan charta (64,26±6,390) (P=0,000). Tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan media video pembelajaran dan animasi dengan inkuiri pada topik Bioteknologi dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan retensi memori siswa di kelas XII IPA MAN 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Sat p |
Keywords: | Media ICT; Pembelajaran inkuiri; Bioteknologi; Kemampuan berpikir tingkat tinggi; Retensi memori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 04:29 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20019 |