Astari, Tri (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 064036 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182041_COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. NIM. 8146182041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM. 8146182041_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 8146182041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 8146182041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 8146182041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8146182041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8146182041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM. 8146182041_BAB I.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
13. NIM. 8146182041_BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 8146182041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa guru cenderung belum menggunakan pendekatan realistik, pembelajaran tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, sumber belajar hanya berasal dari buku teks, dan banyaknya LKS yang praktis dan siap pakai, tetapi tidak sesuai dengan karakteristik siswa sehingga hasil belajar siswa masih rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan realistik yang layak dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Negeri 064036 Medan kelas IV. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Pendekatan Realistik. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi LKS, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi, bahasa, media dan desain pembelajaran menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak dengan kategori sangat valid; dan (2) berdasarkan uji coba I dan II, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 90,91 %, dari 22 siswa yang mengikuti tes; (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; (iii) respon siswa positif; dan (iv) presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis pendekatan realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Ast p |
Keywords: | Lembar kerja siswa; Pendekatan realistik; Model pengembangan Dick and Carey; Hasil belajar; Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 04:24 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19972 |