PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELOLAAN USAHA BOGA (PUB) DARI MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA BOGA FT UNIMED

Tobing, Marnala and Lubis, Lily Herawati and Barus, Mastarina and Agustina, Haslinda and Sitompul, Z. (2006) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELOLAAN USAHA BOGA (PUB) DARI MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA BOGA FT UNIMED. Project Report. FT UNIMED.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: mengetahui: (1) Pengaruh Pendekatan Pembelajanm terhadap hasil belajar PUB, (2) Pengaruh Minat Berwirausaha terhadap hasil belajar PUB, dan (3) Interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan Minat Berwirausaha terhadap hasil belajar PUB. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksprimen dengan populasi penelitian berjumlah 68 orang mahasiswa dari 2 kelas, dengan sampel penelitian berjumlah 56 orang yang ditentukan berdasarkan minat berwirausaha, melalui pemberian angket minat berwirausaha untuk mengetahui tingkat minat berwirausaha mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data guna menguji hipotesis penelitian adalah tes hasil belajar yang sebelumnya telah diuji validitas dengan point biserial dan reliabilitasnya dengan menggunakan rumus KR-20. Statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan Anava 2 jalur, yang terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Lilicfours dan uji Homogenitas varians dengan uji Barlett. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar PUB kelompok mahasiswa yang diajar dengan Pendekatan Pembelajaran Induktif dan Pendekatan Pembelajaran Deduktif, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 43,43 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar PUB antara kelompok mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha tinggi dengan mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha rendah, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 23,70 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05, dan (3) Terdapat interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan minat berwirausaha terhadap hasil belajar PUB, yang ditunjukkan oleh Fhitung = 11,02> Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi dosen mata kuliah PUB agar dapat menerapkannya sesuai dengan minat berwirausaha mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 641.071 Tob p
Keywords: Minat; Wirausaha; Hasil belajar; Metode belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Sep 2016 19:17
Last Modified: 10 Feb 2017 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19892

Actions (login required)

View Item
View Item