Lubis, Leli Hasanah (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SISWA DI KELAS IV MIN PADANG BULAN RANTAUPRAPAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182022 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 8146182022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 8146182022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 8146182022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM. 8146182022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 8146182022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
10. NIM. 8146182022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
11. NIM. 8146182022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk instrumen penilaian yang layak digunakan untuk penilaian sikap siswa di kelas IV MIN Padang Bulan Rantauprapat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R & D yaitu suatu proses yang dipakai untuk menghasilkan produk instrumen penilaian sikap siswa di kelas IV SD/Sederajata dan menguji keefektifannya. Penelitian ini mengembangkan instrumen penilaian sikap siswa yang merupakan salah satu dari perangkat pembelajaran yang berbasis kurikulum 2013.
Sebagai subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa di kelas IV MIN Padang Bulan Rantauprapat, serta ahli validasi sebanyak 3 orang yang memiliki kriteria sebagai : (a) ahli materi, (b) ahli konstruksi, dan (c) ahli linguistik/Bahasa Indonesia. Sebagai objek penelitian adalah pengembangan instrumen penilaian sikap siswa.
Hasil penelitian dikemukakan menunjukkan bahwa hasil observasi terhadap buku guru dan siswa pada pembelajaran tema Tempat Tinggalku dengan sub tema Lingkungan Tempat Tinggalku, Keunikan Daerah Tempat Tinggalku dan Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku, tidak ditemukan penilaian sikap secara terperinci di setiap sub tema pembelajaran. Untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap siswa disusun berdasarkan tema dan sub tema dari kegiatan pembelajaran. Berdasarkan pelaksanaan proses pembelajaran dapat diketahui bahwa pada setiap pelaksanaan pertemuan pembelajaran di dalam kelas ada kompetensi yang dikembangkan yang sudah ditetapkan, yang selanjutnya dikembangkan instrumen penilaian dari kompetensi yang dikembangkan tersebut. Berdasarkan perolehan skor validasi dari masing-masing ahli dapat diketahui bahwa komponen objektivitas nilai rata-rata sebesar 91,67% dengan kategori sangat baik. Komponen sistematias nilai rata-rata sebesar 95,84% dengan kategori sangat baik. Komponen konstruksi nilai rata-rata sebesar 79,17% dengan karegori cukup. Komponen kebahasaan nilai rata-rata sebesar 91,67 % dengan kategori sangat baik. Komponen kepraktisan nilai rata-rata sebesar 87,50% dengan kategori baik. Rata rata penilaian ahli dari keseluruhan komponen sebesar 89,17% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.1 Lub p |
Keywords: | Pengembangan instrumen; Sikap siswa; Kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 08:53 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19701 |