Iqlima (2016) PERBEDAAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN DITINJAU DARI KREATIVITAS BERPIKIR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN EDUGAMES-ICT DAN PERMAINAN SEDERHANA DI RA. JIHAN ULFANI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8146181008 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
NIM. 8146181008 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
NIM. 8146181008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
NIM. 8146181008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
NIM. 8146181008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
NIM. 8146181008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM. 8146181008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
NIM. 8146181008 BAB I.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
NIM. 8146181008 BAB V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
NIM. 8146181008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengenalan konsep bilangan anak usia dini ditinjau dari kreativitas berpikir dan media pembelajaran bermain edugames-ICT dan permainan sederhana di RA. Jihan Ulfani Medan. Data pengenalan konsep bilangan diperoleh melalui tes instrument sebanyak 20 butir soal, sedangkan kreativitas berpikir diukur melalui hasil observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK-B yang berjumlah sebanyak 60 orang dengan teknik Cluster Random Sampling. Jenis penelitian kuasi-eksperimen dengan menggunakan analisis varians dua jalur faktorial 2x2. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pengenalan konsep bilangan anak yang mengikuti pembelajaran menggunakan media edugames-ICT lebih tinggi dari pada pengenalan konsep bilangan anak yang mengikuti pembelajaran menggunakan media permainan sederhana. Diperoleh hasil rata-rata pengenalan konsep bilangan anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media edugames sebesar 17.77, sedangkan rata-rata pengenalan konsep bilangan anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan permainan sederhana sebesar 13.60. (2) Pengenalan konsep bilangan anak yang memiliki kreativitas berpikir tinggi lebih tinggi dari pada pengenalan konsep bilangan anak yang memiliki kreativitas berpikir rendah. Diperoleh hasil rata-rata pengenalan konsep bilangan anak yang memiliki kreativitas berpikir tinggi sebesar 18.03, sedangkan rata-rata pengenalan konsep bilangan anak yang memiliki kreativitas berpikir rendah sebesar 13.00. (3) Tidak terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas berpikir terhadap pengenalan konsep bilangan anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Iql p |
Keywords: | Pengenalan konsep bilangan; Edugames-ICT; Kreativitas berpikir; Media pembelajaran; Kreativitas berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 07:30 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19695 |