Lubis, Fitrah Habibullah (2016) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PELAJAR MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123122019 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM. 3123122019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM. 3123122019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 3123122019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
5. NIM. 3123122019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 3123122019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 3123122019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3123122019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
12. NIM. 3123122019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
13. NIM. 3123122019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler
pramuka yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter di MAN 3 Medan,
mengetahui implementasi ekstrakurikuler pramuka dalam penanaman pendidikan
karakter di MAN 3 Medan, mengetahui persepsi pembina terhadap perbedaan
karakter antara pelajar yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka dengan yang
mengikuti ekstrakurikuler pramuka di MAN 3 Medan dan mengetahui faktor
pendorong dan penghambat dalam penanaman nilai pendidikan karakter di MAN
3 Medan.
Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi
lapangan dan observasi partisipasi.Pada penelitian ini terdapat 8 informan kunci,
yakni 2 orang diantaranya merupakan pembina pramuka dan 6 orang lainnya
merupakan anggota pramuka.Adapun informan tambahannya dalam penelitian ini
berjumlah 6 orang.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi melalui foto dan rekaman suara.
Hasil dari penelitian ini yaitu ekstrakurikuler pramuka mampu melakukan
penanaman nilai pendidikan karakter di MAN 3 Medan.Ekstrakurikuler pramuka
juga menjadi komunitas karakter yang membantu madrasah dalam penanaman
nilai pendidikan karakter.Penanaman dilakukan dengan mengamalkan struktur
dan aturan pramuka yaitu kode kehormatan pramuka. Sistem among juga
digunakan dalam penanaman nilai pendidikan karakter melalui sosialisasi yang
dilakukan oleh pembina pramuka.Pembina pramuka memiliki peran utama dalam
penanaman nilai pendidikan karakter.
Kesimpulan yang didapat nilai pendidikan karakter di dapat dari kode kehormatan
pramuka dan kegiatan kepramukaan.Implementasi nilai pendidikan karakter
dilakukan melalui pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional,
keteladanan, dan fungsional.Metode implementasi nilai pendidikan karakter
melalui metode kepramukaan.Karakter pelajar yang mengikuti ekstrakurikuler
pramuka lebih baik karakternya terutama di karakter kesopanan dan kedisiplinan
kepada peraturan dibandingkan pelajar yang tidak mengikuti ekstrakurikuler
pramuka.Terdapat situasi dan kondisi yang mempengaruhi ekstrakurikuler
pramuka yaitu kebijakan madrasah, sarana dan prasarana, orang tua dan teman
sebaya. Faktor pendorong dan penghambat terdapat pada diri sendiri anggota
pramuka (internal) dan luar diri anggota pramuka (eksternal).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ANTRO 042 |
Keywords: | Ekstrakurikuler Pramuka;; Pendidikan Karakter; Penanaman Nilai |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LC Special aspects of education > LC45 Nonformal education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 06:59 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19684 |