Nanda, Ficha Aulia (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF SISWA DI KELAS V SD NEGERI 054871 SUKA MAKMUR KABUPATEN LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8146181004 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2 NIM 8146181004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
3 NIM 8146181004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4 NIM 8146181004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5 NIM 8146181004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6 NIM 8146181004 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7 NIM 8146181004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8 NIM 8146181004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
9 NIM 8146181004 BAB 1.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
13 NIM 8146181004 BAB 5.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
14 NIM 8146181004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Instrumen penilaian aspek afektif pada buku guru dan siswa di kelas V Negeri 054871 Suka Makmur Kabupaten Langkat, (2) Pengembangan instrumen penilaian aspek afektif siswa yang belum ada pada buku guru dan siswa di kelas V SD Negeri 054871 Suka Makmur Kabupaten Langkat, dan (3) Ialiditas instrumen penilaiai aspek afektif yang dikembangkan pada siswa kelas V SD Negeri 054871 Suka Makmur Kabupaten Langkat. Sebagai subjek dalam penelitian ini yaitu guru siswa kelas V SD Negeri 054871 Suka Makmur Kabupaten Langkat, serta ahli validasi sebanyak 3 orang yang memiliki kriteria : (a) ahli materi, (b) ahli konstruksi, dan (c) ahli linguistik/Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R & D yaitu suatu proses yang dipakai untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan prodak tersebut. Penelitian ini mengembangkan instrumen penilaian aspek afektif siswa yang merupakan salah satu dari perangkat pembelajaran.Hasil penelitian dikemukakan kesimpulan bawah tidak ditemukannya instrumen penilaian aspek afektif pada buku guru dan siswa. Pengembangan instrumen penilaian aspek afektif siswa disusun berdasarkan tema dan sub tema dari kegiatan pembelajaran.Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli diketahui bahwa rata-rata penilaian pada komponen objektivitas yang terdiri dari dua sub komponen mengemukakan hasil rata-rata penilaian validitas sebasar 100,00 dan termasuk kategori sangat baik. Komponen sistematis dengan dua sub komponen penilaian rata-rata sebesar 100,00 dan termasuk kategori sangat baik. Komponen konstruksi yang terdiri dari dua sub komponen dengan perolehan nilai rata-rata validasi sebesar 83,33 termasuk kategori baik. Komponen kebahasaan dengan satu sub komponen dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 91,67 dengan kategori sangat baik. Komponen kepraktisan dengan dua sub komponen dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 95,84 dengan kategori sangat baik. Selajuntnya hasil keseluruhan validasi ahli adalah sebesar 93,33 termasuk berkategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.1 Nan p |
Keywords: | Hakikat pembelajarn; Hasil belajar; Aspek afektif siswa; Instrumen penilaian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 06:56 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 06:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19683 |