Nurjehan, Rizki (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS BUDAYA MELAYU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI KELAS VIII MTS N TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8146181033 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2 NIM 8146181033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3 NIM 8146181033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4 NIM 8146181033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5 NIM 8146181033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6 NIM 8146181033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM 8146181033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 8146181033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9 NIM 8146181033 BAB I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
13 NIM 8146181033 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
14 NIM 8146181033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dalam penerapan Contextual Teaching and Learning berbasis budaya Melayu yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan teorema Pythagoras di kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (four D models). Rancangan dalam uji coba menggunakan design Pre-test and Post-test pada setiap siklus uji coba. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, modul, dan tes kemampuan pemecahan masalah telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 73,53% dan pada uji coba II sebesar 85,30%, (ii) ketercapaian aktivitas aktif siswa dan waktu ideal pada uji coba I dan uji coba II adalah ideal; iii) pengelolaan guru dalam pembelajaran pada uji coba I terkategori sedang dan pada uji coba II terkategori tinggi, dan (iv) respons positif siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran pada uji coba I sebesar 92,65% dan pada uji coba II sebesar 95,92%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Nur p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran; Contextual teaching and learning; Budaya Melayu; Model pengembangan 4-D; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 06:43 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19680 |