Nasution, Murniati (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V SD SWASTA MUHAMMADIYAH 01 PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8146182045 JUDUL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2 NIM 8146182045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3 NIM 8146182045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4 NIM 8146182045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5 NIM 8146182045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6 NIM 8146182045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM 8146182045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8 NIM 8146182045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9 NIM 8146182045 BAB I.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
13 NIM 8146182045 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
14 NIM 8146182045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar IPA; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Muhammadiyah 01 Pematangsiantar, sedangkan sampel penelitian berjumlah 76 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian peksperimen semu. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalur pada taraf
0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA siswa, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah ̅x = 78,72, sedangkan yang diajarkan dengan model ekspositori ̅x = 68,92 (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang bermotivasi tinggi ̅x = 78,29, sedangkan bermotivasi rendah ̅x = 69,61 (3) terdapat interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa, dimana hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah yakni kelompok tinggi ̅x = 80,75, dan kelompok rendah ̅x = 76,58, lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori yaitu kelompok tinggi ̅x = 75,56, dan kelompok rendah ̅x = 62,63.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nas p |
Keywords: | Hasil belajar IPA; Motivasi belajar; Model pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 08:09 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 08:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19667 |