Samosir, Friska Elisabet (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS MASALAH MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD N 091447 SARIBUJAWA KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146182012 JUDUL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 8146182012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
3. NIM 8146182012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8146182012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM 8146182012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 8146182012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 8146182012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 8146182012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 8146182012 BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 8146182012 BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
14. NIM 8146182012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang dikembangkan. (2) Respon siswa terhadap LAS yang
dikembangkan. (3) Efektivitas LAS yang dikembangkan melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V1 dan V2 SD N
091447 Saribujawa Simalungun yang berjumlah masing-masing 30 orang dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran IPA yang berupa Lembar Aktivitas Siswa yang berdasarkan masalah pada materi pesawat
sederhana. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) Tes hasil belajar; (2) Angket respon belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)
kemampuan guru mengelola pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah yang dikembangkan pada uji coba I berada pada kriteria
cukup baik, dan pada uji coba II berada pada kriteria baik.; (2) Respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi pada model PBM sudah mencapai kriteria yang
ditetapkan yaitu respon dengan menggunakan perangkat pembelajaran berdasarkan masalah adalah positif.; dan (3) Efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan
masalah dapat diketahui skor gain sebesar 86.67% jika dilihat dari keberhasilan hasil belajar minimal sedang. Hal ini telah melampaui batas toleransi yang telah
ditetapkan yaitu minimal 85% berada pada kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sam p |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Hasil belajar; Pengelolaan pembelajaran; Respon siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 07:40 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19665 |