Aini, Rosida (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS KOLABORATIF DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD DEWI SARTIKA TP. 2015-2016. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146182037 JUDUL.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2 NIM. 8146182037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
3 NIM. 8146182037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4 NIM. 8146182037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
5 NIM. 8146182037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6 NIM. 8146182037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7 NIM. 8146182037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8 NIM. 8146182037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9 NIM. 8146182037 BAB I.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
13 NIM. 8146182037 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14 NIM. 8146182037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis. (1) Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif dan model direct instruction terhadap hasil belajar IPA siswa, (2) Pengaruh tingkat motivasi terhadap hasil belajar IPA siswa. (3) interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dewi Sartika Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara cluster random sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model kontekstual berbasis kolaboratif dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes hasil belajar IPA, dan lembar angket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif berbeda secara signifikan dan lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran direct instruction. Siswa dengan motivasi tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding siswa dengan motivasi rendah. Dalam penelitian ini membuktikan terjadi interaksi antara model pembelajaran dan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitan ini menyarankan bahwa model pembelajaran kontekstual berbasis kolaboratif merupakan solusi dan alternatif pilihan guru dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Ain p |
Keywords: | Hasil belajar; Motivasi; Kontekstual; Kolaboratif; Pembelajaran langsung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 07:18 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19658 |