Ginting, Abdi Imanuel (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SD NEGERI 101815 SIDODADI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146182001 JUDUL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 8146182001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM 8146182001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
4. NIM 8146182001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM 8146182001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM 8146182001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 8146182001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8146182001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 8146182001 BAB I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
13. NIM 8146182001 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM 8146182001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model direct instruction; dan (2) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model direct instruction. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101815 Sidodadi. Sampel penelitian ini yaitu kelas VA = 35 orang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VB= 35 orang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini berbentuk Quasi Experiment dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model direct instruction. Hal tersebut berdasarkan perolehan skor thitung(=2,729) lebih besar dari ttabel(=1,671); dan (2) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model direct instruction. Hal tersebut berdasarkan perolehan skor thitung(=3,228) lebih besar dari ttabel(=1,671).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Gin p |
Keywords: | Problem based learning; Motivasi belajar; Hasil belajar; Teori belajar; Pendidikan kewarganegaraan; Sekolah dasar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 04:11 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19653 |