Naibaho, Julesman (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 091473 PLUS TIGABALATA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182018 JUDUL.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 8146182018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 8146182018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 8146182018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM. 8146182018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 8146182018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. NIM. 8146182018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM. 8146182018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 8146182018 BAB I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM. 8146182018 BAB V.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
14. NIM. 8146182018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar IPA; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian peksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 091473 Plus Tigabalata, sedangkan sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar IPA hasil belajar IPA siswa, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery ( ̅X = 81,8), sedangkan yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori ( ̅X = 70,4) dengan nilai sig.0,000; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang bermotivasi tinggi ( ̅X = 81,92) sedangkan siswa yang bermotivasi rendah ( ̅X = 69,79 dengan sig. 0,000; (3) terdapat interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa dengan sig.0,038, dimana hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan pembelajaran discovery yakni kelompok tinggi ̅X = 85,769, dan kelompok rendah ̅X = 77,5, lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori yaitu kelompok tinggi ̅X = 78,077, dan kelompok rendah ̅X = 62,083
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nai p |
Keywords: | Model pembelajaran discovery; Motivasi belajar; Hasil belajar IPA; Teori belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 04:02 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19649 |