Simamora, Saut M. (2016) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SWASTA BAPTIS INDEPENDEN MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8146182038 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2 NIM 8146182038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3 NIM 8146182038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4 NIM 8146182038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5 NIM 8146182038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
6 NIM 8146182038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7 NIM 8146182038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 8146182038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9 NIM 8146182038 BAB I.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
13 NIM 8146182038 BAB V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
14 NIM 8146182038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek yang layak dan valid serta efektif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswaSD Swasta Baptis Independen Medan kelas V. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek.Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi LKS, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar dan angket respon siswa.Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dan bahasa, menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan dengan revisi dan valid, sedangkan validasi ahli desain pembelajaranmenyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan tanpa revisi dan valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu89,66 %, dari 29 siswa yang mengikuti tes; (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; (iii) respon siswa positif; dan (iv) presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sim p |
Keywords: | Lembar kerja siswa; Proyek; Hasil belajar; Sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Sep 2016 03:49 |
Last Modified: | 20 Sep 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19639 |