HUBUNGAN PERSEPSI DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN SE-KOTA MEDAN

Pratiwi (2016) HUBUNGAN PERSEPSI DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8116174011_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8116174011_COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8116174011_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8116174011_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8116174011_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8116174011_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8116174011_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8116174011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8116174011_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8116174011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8116174011_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8116174011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8116174011_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8116174011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8116174011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8116174011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8116174011_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8116174011_BAB I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8116174011_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8116174011_BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8116174011_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8116174011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelatif dengan teknik analisis korelasi regresi pada taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian ini dilakukan di MAN-1, MAN-2 dan MAN-3 Medan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi dengan hasil belajar biologi; (2) konsep diri dengan hasil belajar biologi (3) persepsi siswa dan konsep diri secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas XI IPA di MAN se-Kota Medan yaitu MAN-1 (177 siswa), MAN-2 (200 siswa) dan MAN-3 (111 siswa) pada tahun pembelajaran 2014/2015 dengan total siswa berjumlah 488 siswa dari seluruh populasi siswa kelas XI IPA sebanyak 563 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi, angket konsep diri. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dengan hasil belajar biologi (r=0,561, F=222,774, P= 0,000); (2) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar biologi (r=0,418, F=103,123, P= 0,000); (3) terdapat hubungan yang signifikan persepsi dan konsep diri secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi (r= 0,562, F=111,822, P=0,000). Kesimpulan umum dari penelitian ini menggambarkan hasil belajar biologi sehingga hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa persepsi dan konsep diri memberikan kontribusi secara signifikan dengan hasil belajar biologi pada kelas XI IPA di MAN se-Kota Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 2 Pra h
Keywords: Persepsi; Mata pelajaran biologi; Konsep diri; Hasil belajar biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Sep 2016 07:57
Last Modified: 14 Sep 2016 07:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19543

Actions (login required)

View Item
View Item