Hendrayani,, Yuslia (2016) ANALISIS ISI BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 DENGAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2122111024 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM 21221110224 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
3. NIM 2122111024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 2122111024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM 2122111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM 2122111024 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 2122111024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 2122111024 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
12. NIM 2122111024 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM. 2122111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi buku teks bahasa Indonesia kurikulum 2013 dengan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan kesesuaian isi buku teks bahasa Indonesia dengan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran. Subjek penelitian ini adalah gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran. Sedangkan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Buku Teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik kuesioner atau angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa buku teks bahasa indonesia kurikulum 2013 terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan tidak sesuai dengan gaya belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 kisaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket/kuisioner yang telah disebarkan ke siswa kelas VII-5 yang berjumlah 40 orang, sebanyak 85% siswa memiliki gaya belajar visual, 12,5% siswa memiliki gaya belajar auditorial, dan 2,5% siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Sedangkan di dalam buku teks bahasa Indonesia kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan harus mengkombinasikan ketiga gaya belajar tersebut agar tercapai pembelajaran yang optimal. Seperti yang terterah dalam tabel, kesesuaian buku teks dengan gaya belajar menunjukkan hasil masing-masing 33,3% memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Dengan begitu buku tersebut masih perlu diperbaiki agar dapat menjadi sumber pelajaran yang sesuai berdasarkan gaya belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 090 |
Keywords: | Analisis Isi; Buku Teks; Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 03:00 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19529 |