Gultom, Tini Rosalia (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN BERBASIS LITERASI SAINS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174041 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 8146174041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM. 8146174041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 8146174041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 8146174041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 8146174041 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 8146174041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8146174041 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8146174041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
13. NIM. 8146174041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 8146174041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan; (1) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains sebagai batang tubuh pengetahuan (a body of knowladge; (2) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Sains sebagai cara untuk menyelidiki (way of investigating); (3) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Sains sebagai cara berfikir (way of thinking); (4) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Interaksi sains, teknologi dengan masyarakat (interaction of science, tecnology and society) menurut tim ahli materi, ahli desain dan mahasiswa biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk model Borg and Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu (1) Melakukan penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal; (5) Validasi produk, (6) Revisi dan Uji Coba. Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, tim ahli desain, 3 (tiga) mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba perorangan, 9 (sembilan) mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba kelompok kecil, 20 mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba kelompok terbatas. Data yang dikumpulkan berupa angket. Data dianalisis dengan tehnik deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan penuntun praktikum berbasis literasi sains menurut tim ahli materi (dua) menunjukkan bahwa tingkat kelayakan Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains (1) Sebagai batang tubuh pengetahuan (a body of knowladge) “sangat baik” (91,07%); (2) Sebagai cara untuk menyelidiki (way of investigating) “sangat baik” (100%); (3) Sebagai cara berfikir (way of thinking) “sangat baik” (92,18%); (4) Interaksi sains, teknologi dengan masyarakat (interaction of science, tecnology and society) dan refleksi diri “sangat baik” (96,87%); (5) menurut tim ahli desain “sangat baik” 92,10%; (6)Uji coba perorangan berada pada kriteria “sangat baik” (82,70%); Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “sangat baik” (91,02%); Uji coba kelompok terbatas berada pada kriteria “sangat baik” (94,97%). Berdasarkan data tersebut produk penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains yang sudah dikembangkan layak digunakan untuk mahasiswa sebagai penuntun praktikum pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji kelompok lapangan terbatas maka untuk mengetahui keefektifitasannya penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 581.7 Gul p |
Keywords: | Pengembangan penuntun praktikum; Ekologi tumbuhan; Literasi sains; Pendidikan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 03:32 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19522 |