Asyiah, Sarah Nur (2016) ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2123111074 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
02 NIM 2123111074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
03 NIM 2123111074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
04 NIM 2123111074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
05 NIM 2123111074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
06 NIM 2123111074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07 NIM 2123111074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08 NIM 2123111074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09 NIM 2123111074 BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13 NIM 2123111074 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14 NIM 2123111074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian buku teks Bahasa Indonesia kelas XII berdasarkan penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII Kurikulum 2013. Instrumen penelitian ini ialah lembar penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak untuk digunakan. Dalam buku guru berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran yang bermanfaat sebagai pedoman guru dalam aktifitas belajar mengajar. Sementara dalam buku siswa terdapat pembahasan materi dan pelatihan kompetensi. Buku ini layak digunakan berdasarkan penilaian data yang diteliti dari beberapa subkomponen yakni, sudut pandang (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, mudah dipahami, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu dan memantapkan nilai-nilai. Seluruh subkomponen menghasilkan hasil penilain yang baik terhadap buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulim 2013. Dengan begitu buku ajar ini layak digunakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 086 |
Keywords: | Kurikulum 2013; Kriteria Penilaian ;Greene Dan Petty. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 02:11 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19520 |