Bangun, Hawilla (2016) PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2123111026 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
02 NIM 2123111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
03 NIM 2123111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
04 NIM 2123111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
05 NIM 2123111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
06 NIM 2123111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
07 NIM 2123111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08 NIM 2123111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
12 NIM 2123111 026 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13 NIM 2123111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi yang dilaksanakan pada bulan April 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi keseluruhan 317 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson (r). Penelitian ini menggunakan dua instrumen tes, yakni instrumen tes soal pilihan ganda dan instrumen esai tes. Sedangkan teknik analisis data dalam kegiatan penelitian dilakukan dengan (a) deskripsi data, (b) uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas dan (c) pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Ada 8 hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan rumusan masalah pada bab I, yaitu hasil data rata-rata pemahaman isi teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman struktur teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman ciri kebahasaan teks eksposisi berkategori cukup; hasil data rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi berkategori baik; ada pengaruh pemahaman isi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,554; ada pengaruh pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,626; ada pengaruh pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,454; dan ada pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,545.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 072 |
Keywords: | Struktur; Ciri Kebahasaan; Menulis; Teks Eksposisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Sep 2016 02:01 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19518 |