Hasibuan, Sri Devi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTAPINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2134411002 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 2134411002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM. 2134411002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
4. NIM. 2134411002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 2134411002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 2134411002 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2134411002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2134411002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
12. NIM. 2134411002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 2134411002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas
VII SMPNegeri 1 Kotapinang Tahun Pembelajaran 2015/2016.Populasi dalam
penelitian ini adalah semua siswakelas VII SMP Negeri 1 Kotapinang yang
berjumlah 349 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 37 orang.
Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi perwakilan
siswa seluruh kelas VII SMPNegeri 1 Kotapinang, diperoleh sampel yaitu siswa
kelas VII-7. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan
model desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test
design yang hanya dilakukan pada satu kelas saja.
Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test
sebesar 65,68dengan standar deviasi10,67, sedangkan rata-rata post-test sebesar
77,64 dengan standar deviasi 9,84. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test
diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel=0,1456. Ternyata
( 0,1476). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi normal.
Data post-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel =0,1456. Ternyata
( 0,1456). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test
berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil
perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,17sedangkan Ftabel = 1,78 untuk =
0,05, dk= 36 orang. Ternyata, Fhitung Ftabel yakni1,17 1,78. Hal ini membuktikan
bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung =4,96,
sedangkan ttabel = 2,03. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel
yaitu4,96 2,03. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan
penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan
menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotapinang Tahun Pembelajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 134 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Explicit Instruction; Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 10:02 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19513 |