Yanty, Nova (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA WALL CHART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEGAGAN HILIR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123111053_COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 2123111053_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 2123111053_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4. NIM. 2123111053_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. NIM. 2123111053_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 2123111053_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 2123111053_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 2123111053_BAB I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
12. NIM. 2123111053_BAB V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
13. NIM. 2123111053_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis
karangan argumentasi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan
menggunakan media wall chart dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa
menggunakan media wall chart, (2) keefektifan penggunaan media wall chart
dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1
Pegagan Hilir. Data kemampuan menulis karangan argumentasi dijaring dengan
menggunakan metode tes, yaitu berupa esai menulis karangan argumentasi.
Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design.
Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Kelas X-1 sebagai
kelompok eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah
masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan data penelitian, nilai ratarata
posttest pada kelas kontrol sebesar 71,4 dan nilai rata-rata pada kelas
eksperimen sebesar 80. Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan
penggunaan media wall chart sebesar 8,6. Kemudian pengujian hipotesis
membuktikan bahwa thitung > ttabel (53,75 > 1,84). Hal ini menunjukkan bahwa
pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media wall
chart lebih efektif daripada pembelajaran menulis karangan argumentasi secara
konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wall chart
dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X
SMA Negeri 1 Pegagan hilir tahun pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 135 |
Keywords: | Media Wall Chart; Kemampuan Menulis; Karangan Argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 09:48 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19510 |