Sari, Yati Purnama (2016) ANALISIS MATERI AJAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2122111022_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 2122111022_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 2122111022_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 2122111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 2122111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
6. NIM. 2122111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 2122111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2122111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 2122111022_BAB I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM. 2122111022_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 2122111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi, konsistensi dan kecukupan isi
buku ajar Bahasa Indonesia kelas XI dengan kurikulum yang berlaku dilihat dari
kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum tersebut yakninya kurikulum
2013. Objek penelitian ini adalah buku teks kelas XI.Instrumen penelitian ini ialah
lembar penilaian kesesuaia isi buku dengan kurikulum.
Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XII
karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini
jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak untuk
digunakan. Dalam buku guru berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guru
dalam proses pembelajaran yang bermanfaat sebagai pedoman guru dalam
aktifitas belajar mengajar. Sementara dalam buku siswa terdapat pembahasan
materi dan pelatihan kompetensi.
Buku ini relevan dengan kurikulum yang berlaku. Dikatakan relevan karna dari
indikator yang dianalis, buku ini sudah menyajikan dengan baik yang mana
terdapat keberagaman nilai dan materinya mutahir.berdasarkan konsistensinya,
buku ini sudah konsisten.Berdsarkan indikator yang termasuk dalam prinsip
konsistensi sebagian sudah dijabarkan dalam buku ini dengan baik.Sama halnya
dengan prinsip kecukupan, indikator yang terdapat dalam prinsip kecukupan, telah
dijabarkan juga dalam buku ini.Dengan begitu buku ajar ini layak digunakan guru
dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 140 |
Keywords: | Analisis Buku Ajar Bahasa Indonesia; Kurikulum 2013; Prinsip Relevansi; Konsistensi Dan Kecukupan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 09:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19509 |